Kamis, 05 Januari 2012

CREATIFARMING (creative-farming)

CREATIFARMING (creative-farming) merupakan aktivitas dan instalasi kreatif urban farming yang bertujuan menghadirkan inovasi agar urban farming ini dapat dilakukan oleh siapa saja. Dengan demikian, manfaatnya bisa dirasakan oleh semakin banyak orang. Apa sajakah creatifarming ini? Yuk kita tengok diary BdgBerkebun bulan September-Oktober 2011 lalu !!
Tunza International Conference 2011 pada tanggal 27 September-1 Oktober 2011 lalu menjadi batu loncatan BdgBerkebun untuk mengawali berbagai program yang bersifat berkelanjutan. Program yang bertajuk 'Reshaping our Future through a Green Economy and Sustainable Lifestyle' ini merupakan program lingkungan hidup yang diadakan oleh UNEP yang tahun ini bekerjasama dengan Kementrian Lingkungan Hidup Indonesia sekaligus menjadi tuan rumah di Bandung. Pesertanya adalah sekitar 1000 peserta anak dan remaja dari 150 negara. BdgBerkebun mendapat kehormatan menjadi mitra dalam rangkaian Tunza ini.
Yang paling seru dari persiapan Tunza ini adalah, BdgBerkebun jadi mendapat banyaaak sahabat berkebun baru! Kita semua beramai-ramai menyalurkan ide dan kreativitas (plus waktu dan tenaga tentunya.hehe) kita untuk mewujudkan program kita di Tunza. Program-program tersebut adalah :
1. Urban Farming Installation (UF-I). UF-I merupakan bentuk solusi penanaman kreatif pada lahan terbatas/sempit/sulit untuk di ditanam secara konvensional. UF-I mencoba menginspirasi khalayak umum bahwa berkebun itu mudah dan dapat dilakukan dimana saja. Awalnya UF-I ini dibuat sebagai dekorasi entrance dan rooftop Sabuga dengan menggunakan instalasi vertical garden. Namun dekorasi bukan sembarang dekorasi, karena seusai Tunza, instalasi berupa panel ini disebarkan ke beberapa wilayah, salah satunya ke pemukiman Tamansari sebagai usaha penghijauan pemukiman. Program berkelanjutan ini dinamakan Kampong Urban Farming (K-UF).
2. Street Urban Farming (Street-UF). BdgBerkebun bersama sekitar 600 masyarakat lokal, umum, dan juga pelajar menanam secara serentak di sepanjang pinggir jalan Tamansari dan Siliwangi. Selanjutnya perawatannya bekerja sama dengan Dinas Pertamanan Kota Bandung. Selain itu, setiap akhir pekan BdgBerkebun mengajak masyarakat umum untuk bergabung dalam melakukan perawatan di jalan Tamansari dan Siliwangi ini.
3. Urban Farming Workshop (UF-Workshop). Pada workshop yang diikuti 50 peserta mancanegara ini, BdgBerkebun memberi wawasan mengenai apa itu Urban Farming, apa manfaatnya, serta memberi pengalaman berkebun. Diharapkan ketika pulang ke negaranya masing-masing para peserta dapat menjadi agent untuk memperluas pergerakan urban farming.
Semua rangkaian ini ditutup dengan World Urban Farming Network bersama Indonesia Berkebun. Kita menanam ratusan pohon di Babakan Siliwangi yang telah dideklarasikan sebagai hutan kota dunia bersama 150 peserta Tunza. Setelah itu kita semua menandatangani sebuah stiker yang kemudian ditempelkan sebagai bentuk dukungan kita untuk perluasan pergerak urban farming di seluruh dunia.
Berkat dukungan semua pihak, rangkaian program di Tunza ini berjalan sukses. Huwaaah..seru banget pokoknya! Sungguhpun tak sia-sia semua waktu dan energi yang dikerahkan untuk menyukseskan Tunza m/
***
Weits..diary nya ternyata belum selesai! Tanggal 23 Oktober 2011 BdgBerkebun bekerjasama dengan Teh Kotak dalam event “Thanks to Nature” di Bumi Sangkuriang Bandung. Dengan mengusung tema “Harvesting”, BdgBerkebun kembali berbagi inspirasi tentang urban farming melalui Urban Farming Workshop yang diikuti oleh masyarakat umum dan juga mitra BdgBerkebun adik-adik dari SD Pardomuan. Setelah itu tentunya ada pengalaman berkebun langsung yaitu memindahkan bibit sayuran dari polybag ke krat. Daaaan tak lupa BdgBerkebun punya stand, di situ kita bagi-bagi benih sayur gratis, plus yang paling asik adalah pengunjung merasakan pengalaman memanen sayur dan membawanya pulang! Cihuyy! Senang sekali melihat antusiasme para peserta workshop dan pengunjung stand yang merasakan langsung pengalaman berkebun..
Diary nya akan terus berlanjut, sekarang kami sekarang sedang terus mempersiapkan dan menjalankan program Kampong-UF, School-UF, Office-UF dan tentunya kegiatan rutin kita ngebon tiap akhir pekan. Plus, mempersiapkan beberapa event juga di bulan November..hehe. Apa sajakah itu? Nantikan diary BdgBerkebun selanjutnya.
sumber: http://indonesiaberkebun.org/news/2011/11/02/117/bdgberkebun_creatifarming_perluas_urban_farming_dengan_sejibun_kreativitasmu_.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar