Sabtu, 07 Januari 2012

Green Gardening - Penerapan Green Life di Kebun Saya


Halo para sahabat berkebun! :)
Belakangan ini banyak ya yang menerapkan "Green Life Style" dimana-mana. Dari rumah tangga sampai ke pertokoan-pertokoan banyak juga yang sudah menerapkan konsep green life. Saya sendiri juga berusaha menerapkan konsep green life ini dalam kegiatan sehari-hari saya nih, termasuk dalam kegiatan berkebun. Nah, di sini saya akan share sedikit pengalaman saya tentang penerapan green life dalam berkebun.
Cara penerapannya simple saja sebenarnya. Saya di sini hanya berusaha bagaimana hidup berhemat dengan memanfaatkan apa yang ada tanpa harus membuatnya jadi sampah atau bahan buangan yang percuma.
Percobaan pertama saya yaitu dengan menggunakan tanaman cabai besar. Alasan kenapa saya menggunakan tanaman ini awalnya karena saya melihat banyak cabai kering yang sudah tidak dipakai ibu saya di dapur dan saya berpikir, kenapa tidak saya tanam saja biji-bijinya? Hasilnya kan lumayan tuh untuk memenuhi kebutuhan masak sehari-hari.
Kebetulan di rumah saya (di Jombang) bisa dibilang hampir tidak ada lahan untuk berkebun. Jadi mau tidak mau harus menggunakan media tanam aleternatif seperti pot atau sejenisnya. Untuk media tanam yang digunakan dari tahap pendederan (menumbuhkan biji) sampai tahap pemindahan saya tidak membelinya sekali. Saya hanya memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di rumah. Seperti yang saya gunakan untuk tahap pendederan, saya menggunakan gelas plastik air mineral bekas atau botol air mineral bekas ukuran 600 ml yang dipotong bagian atasnya. Atau bisa juga digunakan plastik pembatas yang ada di biskuit kalengan (biasanya ada pada biskuit dengan kaleng berbentuk persegi panjang dan besar) sebagai pengganti cell pack.
 Tahap selanjutnya yaitu tahap pemindahan yang memerlukan media yang lebih besar dan cukup dalam untuk pergerakan akar tanaman, saya menggunakan kaleng cat bekas, kaleng biskuit bekas, dan botol air mineral bekas ukuran 1500 ml yang dipotong bagian atasnya. Bisa juga digunakan plastik refill minyak goreng ukuran 2 liter atau plastik-plastik refill bekas lainnya sebagai ganti polybag.
Tanah yang saya gunakan untuk menanam cabai ini saya ambil dari tanah permukaan di sekitar halaman rumah dicampur dengan kompos hasil penimbunan sampah rumah tangga organik di rumah.
Untuk perawatan sehari-harinya, saya hanya menyiram secara rutin sesuai dengan kebutuhan tanaman. Di sini saya tidak hanya menyiramnya dengan air biasa saja. Saya juga memanfaatkan air bekas mencuci sayuran dan beras untuk disiramkan ke tanaman cabai saya atau ke tanaman yang lainnya juga. Kadang ibu saya juga menambahkan sisa susu di gelas yang diencerkan terlebih dahulu ke tanaman-tanaman kami. Rupanya tanaman-tanaman kami jadi bisa tumbuh dengan baik dan menyenangkan. Hasilnya bisa dilihat pada album foto saya di atas :)
Sangat simple bukan cara penerapan green life dalam berkebun. Bagaimana dengan sahabat berkebun yang lain? :)
sumber: http://indonesiaberkebun.org/news/2011/10/04/107/green_gardening_penerapan_green_life_di_kebun_saya.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar