Senin, 09 Januari 2012

Padi Lokal Organik Dikembangkan di Pidie | MetroTV, Minggu, 24 April 2011

Oleh IndonesiaBerkebun • 
Pidie: Lahan sawah di Kecamatan Tangse, Kabupaten Pidie, Aceh, akan dijadikan wilayah budidaya atau pengembangan tanaman padi lokal organik. Padi lokal yang dikembangkan adalah varietas cantik manis.
Padi ini asli asal dataran tinggi Tangse yang memiliki cita rasa, aroma khas dan paling poluler di Aceh sejak tempo dulu. Beberapa tahun terakhir varietas ini kurang diminati oleh petani setempat karena hasil panen sedikit dan masa prokduksi lama hingga enam bulan.
Perlakuan dilakukan secara organik, tidak menggunakan pupuk kimia dan pestisida kimia. Harapannya, hasil produksi panen padi cantik manis terhindari bahaya kimiawi. Kemudian peningkatan hasil panen dari sebelumnya 3 ton setiap hektare menjadi 6 hingga 7 ton per hektare.
"Harga gabah padi cantik manis tentu lebih mahal dua kali lipat dari gabah varietas biasa," kata Wakil Gubernur Aceh Muhammad Nazar saat melakukan pencanangan pertanian terpadu di lokasi bekas banjir bandang Desa Peunalom Sa, Kecamatan Tangse, Sabtu (23/4) lalu.
Itu merupakan upaya melestarikan kembali padi cantik manis dan salah satu sektor pembangunan kembali kawasan Tangse dari keterpurukan ekonomi akibat bencana banjir pada Kamis 10 Maret, lalu.
Rencana itu dimasukkan dalam program nasional Master Plan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (LP3I).
Disebutkan Nazar, di Kecamatan Tangse, memiliki kesuburan tanah sangat bagus. Ada lahan sawah seluas 705 hektare (ha). Sebanyak 286 ha di antaranya sekarang masih tertimbun sendimen lumpur, pasir, batu besar dan batang kayu bekas banjir bandang atau tanah longsor bulan lalu.
Lahan yang masih bersih itu langsung dilakukan penggarapan setelah perbaikan saluran irigasi yang direncanakan selesai tahun ini. Sedangkan lahan tetimbun itu segera dibersihkan. Kalau belum mungkin dibersihkan, akan ditanami palawija seperti kedelai, kacang tanah dan jagung.(MI/BEY)
sumber: http://www.metrotvnews.com/read/news/2011/04/24/49694/Padi-Lokal-Organik-Dikembangkan-di-Pidie/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar