Selasa, 10 Januari 2012

Glasshouse / Greenhouse

Oleh Diany • Rabu, 7 Sep '11 07:48 • 4 komentar • kategori: Lain-lain • Teknik Menanam
Glasshouse also known as greenhouse adalah bangunan khusus untuk menanam tumbuhan yang mungkin kurang cocok dengan iklimnya.
Bisa dibuat oleh kaca atau plastik untuk bahan coveringnya. Tujuan utama glasshouse adalah untuk melindungi tanaman dari cuaca yang terlalu panas atau terlalu dingin, penyakit ataupun badai.
Meskipun lebih banyak dipakai di daerah2 dingin untuk menghangatkan, glasshouse sebenarnya juga bisa dipakai untuk tumbuh2an yang butuh cuaca lebih dingin dengan menggunakan AC.
Mini greenhouse sering disebut juga sebagai cold frame. I wish saya ada cold frame jadi bisa saya foto, tapi berhubung copyright, saya kasih linknya aja, anda yang lihat fotonya di internet.
http://bit.ly/qLnoUc
Ini penjelasan yang lebih baik ttg greenhouse.
http://en.wikipedia.org/wiki/Greenhouse
Tujuan saya share article ini adalah karena saya pengeeeeeeen greenhouseeeee.... hehehe... saya kepengen tanam kangkung, cabe, PISANG, dan sayur2an lain yang kalo di Indo itu berkelimpahan. Di sini cabe mahal, pisang dari Queensland, kemaren banjir di Queensland jadi membuat pisang sekilo harganya bisa sampai AUD 14 (kira2 Rp 125,000 SEKILOOOO) gila kan.. Kangkung seiket bisa AUD 2.5 dan kelinci saya suka kangkung... (kayanya lebih mahal beli greenhousenya sih dari pada beli kangkungnya)
Intinya, emang uda naturenya manusia kepengen sesuatu yang lebih susah didapat. Makin susah malah makin kepengen..
Greenhousenya banyak yang keren2. Ini ada satu company khusus bikin greenhouse (bukan promosi.. kebetulan websitenya bagus)
http://www.hartley-greenhouses.com/  ---> keren gila!
Kalau anda lihat di foto2 tersebut, banyak greenhouse yang bawahnya dari batu bata, atasnya baru kaca/plastik. Itu ada alasannya, si batu bata kalo siang menyerap panas matahari, kalau malam dia realease panasnya tersebut, makanya greenhouse bisa maintain temperaturenya lebih stabil daripada kalau dibiarkan diluar.
Ada juga cara lain untuk menjaga temperature di dalam greenhouse, ada autovent, ventilasi yang bisa terbuka ketika mencapai temperature tertentu, bisa juga dengan mengunakan shade cloth, kain putih yang menutupi si greenhouse ketika matahari sedang terik2nya. Kain putih ini mengurangi jumlah panas yang masuk kedalam greenhouse, yah macam tutupan aluminium yang biasa kita pasang di mobil2 kita kalo lagi parkir di jalan, biar ga terlalu panas.
Ntar ya, kalo saya udah punya rumah sendiri.. punya taman yang besar.. saya pengen beli greenhouse satu.. mungkin yang model seperti ini.. nempel di tembok rumah, jadi bisa di akses dari dapur.. kalo mo masak tinggal petik sebentar.. super fresh.. (boleh dong bermimpi.. kalo ga mimpi, ga tau pengennya apa)
http://www.edenglasshouse.com.au/webapps/i/79175/152381/240156
hehe... sharing kaya gini aja uda bikin seneng bgt, apalagi kalo punya greenhouse beneran. Kebayang dong saya kalo lagi browsing di internet ketemu website2 kaya gini... ampe lupa makan...

sumber : http://indonesiaberkebun.org/news/2011/09/07/96/glasshouse_greenhouse.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar